RajaKomen

Full Day School : Fleksibilitas untuk Orang Tua yang Bekerja

31 Okt 2023  |  315x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Dalam era modern yang penuh tantangan, juggling antara pekerjaan dan kewajiban keluarga telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup banyak orang tua. Menyediakan perhatian yang cukup bagi anak-anak sambil memenuhi tuntutan karier sering kali menjadi tugas yang membutuhkan manajemen waktu yang cermat. Namun, ada sebuah inovasi pendidikan yang semakin menjadi pilihan bagi orang tua yang bekerja: Full Day School. Sistem pendidikan ini menawarkan lebih dari sekadar jam pelajaran yang panjang; ia membuka pintu untuk fleksibilitas yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan orang tua yang sibuk. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi konsep Full Day School dan bagaimana sistem ini memberikan manfaat nyata dalam memudahkan kehidupan orang tua yang harus seimbangkan antara karir dan peran sebagai orang tua.

1. Full Day School Solusi Bagi Orang tua yang Bekerja

Menjadi wanita karir memang sulit tapi mau bagaimanapun dimana ada kemauan disitu ada jalan. Mungkin itulah konsep pendidikan modern saat ini yaitu mempermudah setiap orang tua yang sibuk bekerja. Full Day school adalah solusi dari setiap hal yang dulu dirasa sulit. Menjadi wanita karir yang memiliki anak memang kadang keterbatasan pada orang tua seperti ini adalah memilih antara karir atau anak. Dalam sistem yang kita sebut kehidupan ada hal yang harus dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu, konsep ini ternyata bisa diminimalisir jika anda berada di lingkungan modern seperti sekarang. Sistem Full Day School adalah salah satu sistem sekolah yang memang mempermudah orang tua yang tidak ingin mengorbankan terlalu banyak waktu antara karir dengan urusan anak. Full day school adalah solusi terbaik bagi orang tua yang memang sibuk kerja hingga sore hari dan menginginkan anak mendpatkan waktu yang berkualitas di sekolah tanpa membebankan anak bahwa mereka harus diurus oleh orang lain ketika berada di rumah karena kesibukan orang tua yang bekerja.

2. Selain Full Day School ada Konsep Sekolah lainnya yaitu Sekolah Berasrama atau Boarding School

Bagi beberapa orang tua konsep full day school dirasa masih kurang maka bisa ikut serta dalam program sekolah boarding school yaitu konsep sekolah berasrama di mana siswa akan tinggal di asrama sebagai sarana pengembangan mereka selama di sekolah. Konsep boarding school ini berbeda dengan full day school dimana dalam praktiknya boarding lebih memiliki waktu yang jauh lebih padat bahkan malam hari dijadikan waktu untuk siswa kembali belajar materi keagamaan. Tapi positifnya siswa tidak hanya akan menjadi seorang siswa yang pandai dalam materi pendidikan umum tapi juga mereka akan pandai dalam materi pendidikan agama. Pilihan kembali ada di tangan orang tua, apa yang dibutuhkan apakah itu sistem sekolah full day atau boarding semua ada plus minusnya. 

3. Penyediaan Aktivitas Ekstrakurikuler: 

Sekolah sepanjang hari atau Full Day School dapat menyediakan lebih banyak waktu untuk aktivitas ekstrakurikuler seperti olahraga, seni, musik, dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan perkembangan siswa di luar mata pelajaran inti. Ini hal penting yang perlu orang tua tahu bahwa di jenis sekolah ini anak tidak hanya belajar tapi juga mereka bisa memaksimalkan minat dan bakat mereka secara maksimal. Tentu saja ini dengan bantuan mentor mentor profesional dibidangnya yang siap membimbing siswa menjadi juara. Selain aktivitas ekstrakurikuler siswa juga di full day school siswa bisa mengisi waktu kosong dengan beberapa hal positif seperti berbagai macam kegiatan seperti praktik shalat berjamaah, praktek hafalan Quran dan lain sebagainya.

4. Pendalaman Materi Pelajaran: 

Dalam sistem full day school, siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mendalami materi pelajaran. Ini dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik dan kemampuan akademis yang lebih kuat. Ditambah waktu yang relatif lebih lama membuat siswa menjadi bisa lebih maksimal dalam pendalaman materi pembelajaran. Uniknya beberapa sekolah dengan konsep Full Day school tidak memberatkan siswa dalam proses pembelajaran, malah beberapa sekolah dengan konsep ini lebih bisa menggunakan metode metode pembelajaran modern yang bisa membuat perkembangan siswa dalam pembelajaran lebih mudah. Tambah metode pembelajaran yang sangat mendukung minat dan bakat siswa secara maksimal seperti : Metode Problem Solving, Metode Pembelajaran Visual, Metode Pembelajaran kolaboratif, Metode Pembelajaran Berbasis teknologi dan lain sebagainya. Ini penting mengingat jika konsep pendidikan tradisional yang digunakan maka yang ada rasa bosan dan kejenuhan serta kapasitas siswa dalam menuntut ilmu akan overload dan membuat pembelajaran di full day school tidak akan maksimal..

Berita Terkait
Baca Juga: