RajaKomen

Ini Dia 5 Penyebab Mengapa Kurs Rupiah Bisa Melemah

26 Feb 2021  |  170x | Ditulis oleh : Admin
Ini Dia 5 Penyebab Mengapa Kurs Rupiah Bisa Melemah

Nilai kurs rupiah sangat mudah sekali mengalami pelemahan. Memang benar kalau mata uang apapun akan mengalami penurunan dan penguatan nilai kurs. Tetapi jika terus mengalami pelemahan, maka ada beberapa hal buruk yang akan terjadi di dalam negara tersebut.

Sama halnya dengan rupiah, jika mengalami pelemahan kurs rupiah, maka akan muncul berbagai dampak di dalamnya. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan nilai kurs rupiah mengalami pelemahan, baik terhadap dolar ataupun mata uang lainnya? Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa sebab melemahnya nilai rupiah.

1. Orang kaya lebih tertarik berinvestasi di Eropa dan Amerika di bandingkan di Indonesia

Salah satu hal yang menyebabkan kurs rupiah mengalami pelemahan adalah karena banyak sekali orang kaya yang berinvestasi di Amerika dan Eropa. Sementara di Indonesia itu sendiri sangatlah sedikit jumlahnya. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2. Impor meningkat tetapi ekspor tidak

Penyebab lain mengapa rupiah mengalami pelemahan adalah karena barang impor yang masuk ke suatu negara mengalami peningkatan dibandingkan barang ekspor. Salah satu penyebab mengapa eksportir mengalami penurunan adalah karena adanya perang dagang antara Amerika dan Cina. Selain itu, kebijakan impor khusus dari negara tertentu pun menjadi salah satu penyebabnya.

3. Utang negara semakin meningkat

Hal lain mengapa nilai mata uang mengalami pelemahan adalah karena negara tersebut memiliki utang yang jumlahnya semakin meningkat. Untuk mengatasi utang negara ini, Bank Sentral akan melakukan berbagai usaha untuk mengembalikan stabilitas kurs mata uang Rupiah.

4. Kebijakan The Fed dan pemerintah dunia lain terkait keadaan perekonomian negara masing-masing

Sebab lain mengapa terjadi pelemahan mata uang Rupiah adalah karena adanya kebijakan The Fed dan pemerintah dunia terkait keadaan perekonomian suatu negara. The Fed yang merupakan Bank Sentral Amerika Serikat akan mengeluarkan beberapa kebijakan keuangan yang memiliki tujuan untuk menstabilkan perekonomian negara Amerika. Dan hal ini pun dilakukan oleh pemerintah dunia lainnya.

5. Resesi atau Krisis Moneter di Indonesia Maupun Negara Lain

Terakhir, yang menyebabkan melemahnya rupiah terhadap dollar USA adalah adanya resesi ekonomi di Indonesia maupun di negara lainnya. Perekonomian suatu negara sangat dipengaruhi oleh perekonomian negara lain di dunia, begitu pula dengan Indonesia. Perekonomian Indonesia sangat bergantung pada negara Amerika Serikat dan Cina.

Oleh karena itu, jika salah satu negara (Amerika Serikat atau Cina) mengalami krisis ekonomi, maka Indonesia juga pasti akan terkena imbasnya.

Besar dampaknya memang tidak sebesar ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi dalam negeri. Namun, tetap saja dapat menghambat perekonomian yang berujung melemahnya nilai mata uang rupiah (anjlok).

Itulah beberapa penyebab melemahnya nilai kurs rupiah. Butuh kerja keras yang lebih besar lagi untuk menstabilkan kembali rupiah di mata dunia. Sangat diperlukan pemimpin yang ideal dan mengerti akan permasalahan ini agar kurs rupiah kembali menguat. Pemerintah saat ini memang sangat gencar sekali berhutang untuk meningkatkan daya beli masyrakat melalui bantuan sosialnya kepada rakyat.

Menutupi masalah dengan masalah baru tentu bukanlah jalan terbaik, seperti berhutang untuk membayar bunga hutang contohnya.

Berita Terkait
Baca Juga: