Hijab.id

Mengunjungi Angkor Wat, Keajaiban Arkeologi di Kamboja

3 Jul 2023  |  413x | Ditulis oleh : Admin
Mengunjungi Angkor Wat, Keajaiban Arkeologi di Kamboja

Angkor Wat, kompleks candi terbesar di dunia dan salah satu keajaiban arkeologi terbesar, terletak di Kamboja. Tempat yang memukau ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan dan sejarah yang kaya di Asia Tenggara. Mengunjungi Angkor Wat adalah perjalanan yang memukau melintasi waktu, memperkenalkan kita pada kejayaan peradaban Khmer kuno yang megah.

Sebagai situs Warisan Dunia UNESCO, Angkor Wat adalah tujuan yang sangat populer bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Kompleks candi ini terletak di Provinsi Siem Reap dan terdiri dari berbagai struktur yang mengagumkan, termasuk kuil utama yang menjadi pusat perhatian. Angkor Wat sendiri dianggap sebagai monumen Hindu-Buddha terbesar dan paling terpelihara dengan baik di dunia.

Ketika memasuki kompleks Angkor Wat, pengunjung akan terpesona oleh keindahan arsitektur dan ukiran yang rumit. Kuil ini dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II sebagai simbol kekuasaan dan kesucian. Detail-detail halus pada dinding dan reliefnya menceritakan kisah epik mitologi Hindu, seperti Ramayana dan Mahabharata, sementara struktur yang megah menggambarkan kosmologi Hindu.

Salah satu momen paling menakjubkan adalah melihat matahari terbit atau terbenam di Angkor Wat. Ketika sinar matahari menerangi kuil-kuil yang indah, langit terlihat memerah dengan warna-warna yang menakjubkan, menciptakan pemandangan yang luar biasa. Pengunjung juga dapat menjelajahi kompleks candi dengan mengikuti jalan setapak yang melintasi taman dan kolam-kolam yang indah.

Selain Angkor Wat, terdapat juga banyak kuil dan kompleks candi lain yang menakjubkan di area Angkor. Misalnya, Angkor Thom dengan Gerbang Besar dan Kuil Bayon yang terkenal dengan patung-patung wajah raksasa yang misterius. Ada juga Kuil Ta Prohm yang terkenal karena ditumbuhi oleh akar-akar pohon yang menjalar di antara reruntuhan, menciptakan pemandangan yang dramatis dan menakjubkan.

Selama kunjungan ke Angkor Wat, para wisatawan juga dapat belajar lebih banyak tentang sejarah dan kebudayaan Khmer di Museum Angkor National. Museum ini menyajikan koleksi seni dan artefak yang memikat, memberikan wawasan mendalam tentang kehidupan pada zaman dahulu dan peradaban yang pernah megah di daerah ini.

Bagi penggemar fotografi, Angkor Wat menawarkan peluang yang tak terbatas untuk mengambil foto-foto yang menakjubkan. Setiap sudut dan detil kompleks candi ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dan mempesona.

Sebelum mengunjungi Angkor Wat, penting untuk memperhatikan etika dan menjaga kebersihan serta kelestarian situs bersejarah ini. Pengunjung diharapkan menghormati dan menghargai lingkungan serta mengikuti aturan yang ditetapkan untuk menjaga situs ini tetap terjaga dengan baik.

Mengunjungi Angkor Wat adalah perjalanan yang tak terlupakan ke masa lalu yang memukau. Keindahan arsitektur yang menakjubkan, ukiran yang rumit, dan sejarah yang tersembunyi di setiap sudutnya membuat Angkor Wat menjadi destinasi yang must-visit bagi para pecinta sejarah, budaya, dan keindahan alam. Dalam kunjungan Anda ke Kamboja, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keajaiban arkeologi ini dan menjelajahi warisan yang luar biasa dari peradaban Khmer kuno.

Baca Juga: