RF

Ini Dia Definisi Bekerja Secara Luas

20 Jul 2022  |  112x | Ditulis oleh : Admin
Ini Dia Definisi Bekerja Secara Luas

Perjalanan hidup manusia sepertinya memang tidak akan lepas dari yang namanya “Bekerja”, tahap-tahap kehidupan yang dialami seseorang sampai menjadi dewasa atau bertumbuh secara fisik maupun rohani. Namun masih banyak juga diantara mereka yang tidak beruntung karena tidak dapat mengenyam pendidikan dalam bentuk formal atau sekolah. Seperti di Indonesia pendidikan akan dimulai dari kelompok bermain, Taman Kanak – Kanak, SD, SMP, SMA, sampai dengan sekolah di perguruan tinggi.

Walaupun masing – masing dari kita sudah ada waktu sendiri namun masyarakat menentukan waktu dari masing – masing tahapan ini. Salah satu tahapan yang akan kita alami adalah “bekerja”. Bekerja dalam bahasan disini memiliki makna melakukan pekerjaan yang telah ditentukan oleh sebuah badan usaha atau perusahaan.

Ketika ada keinginan kita untuk bekerja, berarti ada beberapa hal konsekuensi yang harus kita terima, antara lain ada waktu tertentu yang harus ada di kantor, ada thing to do yang harus kita selesaikan, ada punishment yang harus kita terima juga, kemampuan kita untuk mengatur keuangan untuk membiayai hidup kita, termasuk harus tugas keluar kota suatu waktu.

Di era digital seperti saat ini, begitu banyak informasi yang bisa dicari oleh para jobseeker , bahkan di sosial media banyak group – group yang memberikan informasi lengkap mengenai lowongan pekerjaan serta peluang – peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari pekerjaan, seperti contoh di bawah ini :

Lowongan pekerjaan media sosial

Untuk memutuskan bekerja di sebuah perusahaan ada hal utama yang mungkin perlu di pertimbangkan selain sadar diri akan konsekuensi yang harus diterima yaitu :

Pahami Tujuan Bekerja

Pahami dan sadari dulu tujuan kalian mau bekerja untuk apa sih, misal sebagai pembelajaran dan mengalami bekerja di perusahaan orang lain karena sadar diri fresh graduate, so jangan menuntut dulu mengenai gaji harus segini, harus ada liburnya seminggu dua kali dan seterusnya.

Gaji menjadi hal yang mungkin utama ketika memang bekerja semata – mata hanya untuk mendapatkan pendapatan berupa uang, nah untuk tujuan yang satu ini, pastikan anda layak untuk mendapatkan salary lebih.

Persiapkan Diri untuk Bekerja dalam Tim

Sebenarnya bekerja dalam tim tidak selalu ketika bekerja di sebuah perusahaan , namun memiliki perusahaan atau usaha sendiri pun dituntut untuk mampu bekerja dengan orang lain. Namun ketika bekerja di perusahaan lain, dituntut untuk mampu memahami job desk orang lain, tidak memikirkan “yang penting pekerjaanku selesai” walaupun membuat pekerjaan orang lain menjadi terbengkalai.

Persiapkan untuk Mematuhi Sistem

Setidak sesuai apapun sistem yang ada di perusahaan dengan yang anda harapkan, ya diterima dulu, percayalah pasti akan ada perubahan ke yang lebih baik atau itu lah system yang terbaik yang saat ini. Kalau masih tidak sesuai dengan keinginan anda ya keluar lah dari system itu, nanti anda dapat kerja lagi masih juga tidak cocok ya keluarlah lagi, masih belum menemukan yang sesuai ya bikin sendiri dengan system yang anda inginkan sebaiknya mulai memikirkan menjadi seorang pengusaha saja.

Bersyukur dan Berkomitmen

Hal yang terpenting adalah bersyukur karena anda sudah di terima kerja di perusahaan tersebut dengan mengalahkan saingan anda dan bekerjalah sebaik- baiknya, karena tanggung jawab anda bukan nya pada perusahaan yang menerima anda, tapi justru juga terhadap saingan – saingan yang melamar bersama dengan anda, mungkin mereka lebih membutuhkan pekerjaan itu dibanding anda. Anda bekerja di perusahaan itu karena Tuhan ingin anda bekerja di situ dan bertumbuh disitu, bukan juga semata – mata karena apa yang anda inginkan.

Masih banyak hal yang mungkin harus ada pertimbangkan ketika anda memutuskan untuk bekerja di perusahaan orang lain. Satu lagi jangan minder dengan rekan – rekan anda yang sudah menjadi pengusaha, sebenarnya sama saja kok. Karena  menjadi pengusaha itu bukan sebuah pencapaian, tapi pilihan lain dalam bekerja”. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: