Tryout.id

Beasiswa Bagi Muadzin Al Masoem, Gratis SPP Hingga 6 Bulan

14 Des 2023  |  144x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Anda seorang muadzin di sekolah sebelumnya? atau anda memang Remaja Masjid yang selalu menjadi muadzin di masjid dekat tempat tinggal anda? Atau mungkin anda alumni pesantren dan ingin melanjutkan ke Al Ma'soem namun anda memiliki bakat di tarikan nafas dan memiliki suara adzan yang merdu? Selamat anda masuk kriteria Al Masoem sebagai salah satu calon siswa yang mungkin bisa mendapatkan beasiswa bagi muadzin di Al Masoem, dimana beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki suara bagus dan merdu untuk dijadikan muadzin di masjid pesantren siswa Al Masoem dan akan mendapatkan gratis SPP selama 6 bulan penuh.

Beasiswa Bagi Muadzin di Sekolah Al Masoem, Gratis SPP Hingga 6 Bulan

Al Masoem merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta ternama di Jawa Barat. Lembaga pendidikan ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Al Masoem dikenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi dan biayanya yang terjangkau.

Salah satu program unggulan Al Masoem adalah beasiswa bagi muadzin. Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki minat dalam mengumandangkan adzan dan memiliki suara dan nafas yang baik dalam mengumandangkan adzan.

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk pembebasan biaya SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) selama 6 bulan. Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memenuhi persyaratan berikut:

  1. Merupakan santri Al Masoem yang aktif sebagai muadzin
  2. Memiliki suara dan nafas yang baik dalam mengumandangkan adzan
  3. Rela untuk bangun lebih pagi dan berangkat lebih pagi ke masjid PSAM untuk mengumandangkan adzan di setiap waktu shalat

Selain memenuhi persyaratan tersebut, siswa juga harus mengikuti seleksi beasiswa. Seleksi beasiswa ini meliputi seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Selain itu juga ada tes adzan yang dilaksanakan setiap satu semester sekali, dimana ada 3 besar muadzin yang akan diseleksi ulang dan yang berhasil mendapatkan poin yang banyak maka santri tersebut akan mendapatkan beasiswa ini dan diwajibkan mengikuti syarat dan aturan yang dibuat Al Ma'soem.

Manfaat Beasiswa Bagi Muadzin

Beasiswa bagi muadzin memiliki banyak manfaat, baik bagi siswa maupun bagi Al Masoem.

Bagi siswa, beasiswa ini dapat membantu mereka untuk melanjutkan pendidikannya di Al Masoem tanpa khawatir akan biaya pendidikan. Beasiswa ini juga dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan, khususnya dalam mengumandangkan adzan.

Bagi Al Masoem, beasiswa ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas muadzin di lingkungan Al Masoem. Beasiswa ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan Al Masoem sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang berprestasi dan berakhlak mulia.

3 Manfaat Menjadi Muadzin di Pesantren

Menjadi muadzin di pesantren merupakan suatu kehormatan dan amanah yang besar. Muadzin memiliki peran penting dalam kehidupan pesantren, yaitu mengumandangkan adzan dan iqamat untuk memanggil umat Islam untuk beribadah.

Selain itu, menjadi muadzin di pesantren juga memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi pesantren. Berikut ini adalah 3 manfaat menjadi muadzin di pesantren:

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Menjadi muadzin di pesantren akan membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Setiap kali mengumandangkan adzan, kita akan senantiasa mengingat Allah SWT dan akan semakin termotivasi untuk beribadah.

2. Memperoleh pahala yang besar

Menurut hadis Rasulullah SAW, orang yang mengumandangkan adzan akan mendapatkan pahala yang besar, yaitu sama dengan pahala orang yang sholat berjamaah di masjid.

"Barang siapa mengumandangkan adzan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang sholat berjamaah di masjid tersebut, kecuali orang yang sholat tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri

Menjadi muadzin di pesantren akan memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar dan mengembangkan diri. Kita akan belajar tentang tata cara mengumandangkan adzan yang benar, kita juga akan belajar tentang ilmu-ilmu agama lainnya.

Selain itu, kita juga akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para ustadz dan ustadzah yang berpengalaman. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita.

Secara keseluruhan, menjadi muadzin di pesantren merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, menjadi muadzin juga bermanfaat bagi pesantren.

Berita Terkait
Baca Juga: