MU

3 Masalah Rambut Wanita Berhijab & Cara Mengatasinya

10 Mar 2021  |  96x | Ditulis oleh : Admin
3 Masalah Rambut Wanita Berhijab & Cara Mengatasinya

Memiliki rambut bersih berkilau merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan oleh wanita, terutama bagi yang berhijab. Karena rambut yang sehat merupakan salah satu penunjang kecantikan bagi perempuan untuk diri sendirinya. Terlebih lagi untuk wanita berhijab yang tentunya memiliki permasalahan terhadap rambut yang lebih banyak dibandingkan dengan perempuan yang tidak berhijab.  Tidak sedikit wanita yang berhijab merasa putus asa dengan permasalahan rambut yang mereka hadapi.

Padahal mereka tidak seharusnya putus asa, karena permasalahan rambut tersebut dapat diatasi jika mereka melakukan tips dibawah ini dengan telaten dan rutin. Berikut dibawah ini tips mengatasi masalah rambut wanita berhijab berdasarkan karakter rambutnya diantaranya yaitu :

1. Rambutnya Berminyak

Disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak dan sangat gatal serta tidak yaman. Solusinya gunakan sampo untuk berminyak karna tidak semua merek cocok dengan rambut berminyak. Menggunakan shampo 2 hari sekali dan seminggu sekali atau seminggu 2 kali. Tapi bagi mereka yang sangat pada aktivitasnya dapat memakai masker tomat khusus untuk rambut berminyak (Hair Mask tomato). Siapkan 2 buah tomat lalu haluskan hingga mengeluarkan air. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Tunggu 15 hingga 20menit, lalu bilas dengan air hangat hingga benar benar bersih.

2. Rambut Ketombe

Biasanya adanya ketombe di rambut karna rambut memiliki sedikit oksigen dan pengap. Sehingga sangat memicu kulit dan rambut menjadi tidak sedap, terlebih lagi saat kepala digaruk dengan kuku. Dapat menyebabkannya menjadi hitam dan ketombe rontok, lalu menempel pada kerudung dan baju, pastinya sangat malu dan tidak percaya diri.

Nah sebelum kejadian buruk itu kamu alami. Kamu harus rutin membersihkan kulit kepala karena ketombe menempel dan lengket di kulit kepala. Cara yang benar membersihkan kulit kepala adalah dengan menggosokkan buah lemon.

Ambil 1 buah lemon lalu dipotong menjadi 4 bagian. Gosokkan potongan lemon tersebut pada setiap sudut kulit kepala secara merata. Beri pijatan lembut biar meresap sampai 15 menit. Lalu bersihkan rambut menggunakan shampoo anti ketombe, dan bilas dengan air hingga benar benar bersih.

3. Rambut Rontok

Menggunakan hijab seharian dapat membuat rambut pengap dan tidak bisa mendapatkan oksigen. Ada banyak faktor yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan rambut seperti jarang minum air putih, kurang makan buah dan sayur sehingga nutrisi tidak menyerap pada kulit kepala atau rambut, asap rokok, dan asap polusi.

Langkah langkah yang harus dilakukan supaya tidak terhambatnya pertumbuhan rambut adalah : 

• Mulai dari sekarang biasakan setelah keramas atau rambut masih basah jangan langsung disisir, karna rambut masih rapuh.

• Jangan menggaruk kulit kepala dengan menggunakan kuku, karna kulit kepala sangat tipis sekali dan mudah luka sehingga rambut mudah patah.

• Menggunakan sisir dengan bergerigi dan jarang.

• Menggunakan vitamin rambut untuk memberi nutrisi pada rambut sehingga sehat, kuat dan kemilau.

• Selain keramas rutin 2 hari sekali, jangan lupa juga menggunakan masker rambut alpukat. Kamu bisa membuat masker alpukat dirumah. Cara membuat maskernya sangat mudah,  ambil 1 buah alpukat, lalu belah menjadi 2 bagian. Kerok bagian dagingnya lalu dilembutkan atau dihancurkan. Kemudian tambahkan ginseng (hair tonic) dan 1 sdt madu. Ratakan pada rambut dan kulit kepala, diamkan 15 menit. Lalu bilas dengan air hingga benar benar bersih. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga dengan tips menjaga rambut diatas bisa membantu para wanita yang berhijab merawat rambutnya, lalu tidak ada lagi kekhawatiran atau ketakutan rambut akan rusak ketika menggunakan hijab.

Baca Juga: